Preferensi Konsumen dan Faktor Yang Menentukan Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Nanas Madu (ananas comosus l.merr) (Studi Kasus Kios Buah Sarlini Sahril di Kelurahan Bukit Merdeka Kecamatan Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur)

Firda Juita, Hema Tasya Oktapiana, Siti Balkis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen buah nanas madu, menganalisis atribut preferensi konsumen terhadap buah nanas madu dan mengidentifikasi faktor-faktor yang Menentukan pengambilan keputusan pembelian buah nanas madu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 di Kios buah nanas Madu yang terletak di Kelurahan Bukit Merdeka.

Pengambilan sample pada penelitian ini dilakukan secara (accidental sampling). Jumlah responden sebanyak 32 orang. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Analisis tahapan proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian buah nanas madu.

Karakteristik konsumen buah nanas madu adalah jenis kelamin laki-laki 68,75%, rentang umur 25-45 tahun sebesar 40,62%, tingkat pendidikan SMA sebesar 46,88%, jumlah pendapatan <Rp3.000.000 sebesar 56,25% dan jenis pekerjaan adalah wirausaha sebesar 31,25%. Atribut preferensi diataranya warna daging buah kuning terang dengan 87,50% warna kulit buah hijau kekuningan sebesar 59,38% ukuran buah yang paling diminati adalah buah yang berukuran sedang (10-13cm) dengan persentase sebesar 68,76%. Jenis packing buah yaitu kulit tidak dikupas sebesar 84,38% aroma yang dimiliki buah adalah aroma harum manis 62,50%. Pengambilan keputusan pembelian adalah karena rasa manis 40,63% motivasi membeli nanas madu untuk dijadikan sebagai oleh-oleh 34,38%. mencari informasi sendiri dalam persentase sebesar 53,12%. Pada tahap evaluasi alternatif 81,25% konsumen membeli buah nanas madu karena kualitas, 71,88% konsumen membeli buah nanas madu karena kebiasaan yang telah dilakuikan. Sebanyak 78,12% Pembelian terencana ada sebesar 84,38 % keadaan buah segar atau baru Evaluasi pasca pembelian konsumen 100% puas dan jika harga naik sebesar 71,88% konsumen tetap membeli, dan jika buah tidak tersedia di kios 84,38% pembeli akan mencari buah nanas madu di tempat lain.

Hasil dari penelitian ini digunakan oleh penjual untuk memperbaiki strategi pemasaran dan meningkatkan pemahaman terkait tentang preferensi konsumen serta faktor yang dapat Menentukan pengambilan keputusan pembelian.


Keywords


Preferensi konsumen, Keputusan pembelian, Buah nanas mad

Full Text:

PDF

References


Adam Suduri.2017. Pengaruh Perasan Kulit Buah Nanas (Ananas comosus.L) Terhadap Bakteri Stapehylococcus aureus Dan Escherichia coli. Skripsi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Gorontalo.

Amanda.A.,dkk. 2022. Faktor-faktor yang Menentukan Permintaan Buah Nanas di Pasar Tradisional Inpres Manonda Kota Palu. Jurnal Pembangunan Agribisnis. Vol.1 No.2.

Andini.N.P.,dkk. 2014. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 11 (1) : 2.

Arif.F.,dkk.2021. Analisis Preferensi Konsumen Buah Nanas Madu di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis.Vol.5. No.4.

BPS.2022. Kalimantan Timur Dalam Angka 2022.

Catur.S.P.,dkk. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Buah Jeruk di Pasar Keputran Utara, Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosio, Agribisnis.

Eva Ryza sativa.2019. Analisis Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Tanaman Hias Anggrek di Kota Samarinda. Skripsi Agribisinis. Universitas Mulawarman.

Fridayani Nine. 2020. 5 Cara Pilih Nanas Matang Tidak Hanya dari Warnanya, Bekal Bikin Selai. Kompas.com.

Harahap.F.A.,dkk. 2019. Kultur Jaringan Nanas. Media Sahabat. Cendekia, Surabaya.

Heryana Harta Utami.2021. Preferensi Konsumen dan Faktor-faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Membeli Nanas (Ananas Comosus L.) di Pasar Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Mareta.,dkk. 2017. Analisis Rantai Nilai Komoditas Nanas Madu di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Jurnal UNSPECIFIED. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Digital Library, Universitas Diponegoro.

Pandu Risvino Adji. 2022. Anaisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Pendapatan Pedagang Nanas Madu Kelurahan Bukit Merdeka Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi Agribisnis, Universitas Mulawarman.

Paul A., Samuelson, Wiliam D. Nordhaus. 1992.Economics. McGraw-Hill Kogakusha.New York.

Schiffman l, dan kanuk, lazar L. 2008. Perilaku Konsumen Edisi ketujuh. Jakarta. indeks

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian Republik Indonesia. 2013. https://pusdatin.deptan.go.id//.Outlook Komoditi Nanas.15 Maret 2015.

Zulkarnain.,dkk. 2020. Efisiensi Pemasaran Nanas Dengan Berbafai Grade Nanas di Kabupaen Lampung Tengah. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa Vol.17. No.2.




DOI: https://doi.org/10.36355/bsl.v4i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Baselang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Baselang : Jurnal Ilmu Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Lingkungan online ISSN 2798-2114 is published by Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo