Mekanisme Pengumpulan Data Hasil Tangkapan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu

Ayang Armelita Rosalia, Luthfi Anzhani, La Ode Alam Minsaris, Denta Tirtana, Lukman Lukman, Abdul Malik, Cakra Rahardjo

Abstract


Pendataan hasil tangkapan merupakan salah satu aktivitas untuk mengetahui jumlah dan jenis ikan hasil tangkapan dari suatu kapal perikanan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan data yang  realistik terkait hasil tangkapan yang didaratkan sehingga data yang  didapatkan dapat digunakan oleh Pelabuhan Perikanan sebagai  pembanding logbook yang diserahkan oleh pihak kapal, sehingga didapatkan data produktivitas yang akurat. Optimalisasi kinerja petugas pendataan akan meningkatkan  efektivitas, struktur dan tugas organisasi pelaksana pendataan. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini akan menganalisis bagaimana kinerja sistem pendataan hasil tangkapan ikan yang didaratkan di PPN Karangantu dan merekomendasikan saran tindakan perbaikan sistem pendataan hasil tangkapan ikan di PPN Karangantu. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pada tahap analisis sudah dilakukan wawancara dengan nelayan, enumerator dan syahbandar PPN Karangantu. Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digunakan di PPN Karangantu adalah sudah sesuai dengan SOP yang berlaku secara nasional yaitu Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Direktorat Pelabuhan Perikanan, dengan pengadopsian dan modifikasi SOP sehingga terjadi penyesuaian SOP yang diberlakukan di PPN Karangantu. Ditemukan beberapa kekurangan pada sistem pendataan yang sudah diterapkan di PPN Karangantu beberapa di antaranya yaitu terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendata ke lokasi-lokasi pendataan hasil tangkapan yang didaratkan di luar Tempat Pendaratan Ikan (TPI). Potensi atau saran untuk efisiensi pendataan hasil tangkap di PPN Karangantu adalah adanya aplikasi yang dapat mengidentifikasi jenis ikan untuk entry pendataan yang diikuti hasil penimbangan berkaitan dengan efisiensi waktu sehingga dapat mengurangi delay.

Keywords


Alur Pendataan, Banten, Penangkapan, Pelabuhan Perikanan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad K.K, Rosalia, A.R., Lestari D.A., 2023. Analisis Sistem Dinamik terhadap Pengelolaan Sumberdaya Perikanan layur di Ujung Genteng, Sukabumi. Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan. 5 (1): 1-17.

Apriani T, Nugroho H. 2016. Persepsi Nelayan dan Petugas Pelabuhan terhadap Ujicoba Penggunaan Elektronik Logbook Perikanan. J. Kebijakan Sosek KP 6(1): 1–13.

Febinah M, Tyas S.J.S, Herviansyah F,, Rosalia, A.R, dan Minsaris L.O., 2018. Model Peramalan Produksi Perikanan Tangkap di Pelabuhan Perikanan Kejawanan Cirebon Jawa Barat. JVIP. 2 (1): 1-6.

Gunawan, A, Riadi S.R, Nawangsih I. 2022. Penerapan Timbangan Ikan Pintar dalam Meningkatkan Ekonomi UKM Masyarakat Pesisir Berbasis IoT. Jurnal Tekno Insentif. 16 (1): 69-78.

Hutapea R.Y.F, Solihin I, Nurani T.W, Rosalia, A.R., Putri A. 2019. STRATEGI Pengembangan Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman dalam Mendukung Industri Perikanan Tuna. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan. 10 (2): 233-245.

Kumorotomo W dan Subando AM. 1998. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta (ID): Gajah Mada University Press. 460 hal.

Pane AB. 2017. Bahan Kuliah Analisis Hasil Tangkapan. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID)

Paramita PN. 2018. Keakuratan Data Produksi Ikan Hasil Tangkapan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor. 42 hlm.

Pratama, G.B., Nurani, T.W. and Wahju, R.I., 2020. Rancang Bangun Sistem Basis Data untuk Menunjang Pengelolaan Perikanan Tuna Cakalang dan Tongkol di Perairan Natuna. Akuatika Indonesia. 5(2): 77-85.

Rosalia, A.R., Pane A.B, Solihin I, 2018. Kebutuhan Fasilitas Pokok Pangkalan Pendaratan Ikan Cisolok 10 Tahun Mendatang. ALBACORE. 2 (2): 185-196.

Rosalia, A.R., Pane A.B, Solihin I, Hutapea R.Y.F, Putri A, dan Tirtana, D,. 2019. Pengembangan Pangkalan Pendaratan Ikan Cisolok, Kabupaten Sukabumi: Pendekatan Analisis SWOT. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan. 10 (2): 191-204.

Utami I. 2015. Prosedur Pendataan Hasil Tangkapan Ikan di TPI Cisolok, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.36355/bsl.v4i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Baselang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Baselang : Jurnal Ilmu Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Lingkungan online ISSN 2798-2114 is published by Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo