Strategi Pemasaran Usaha Ladu Arai Pinang Ongga Di Kota Pariaman

Roy Ricci Maulana, Dwi Evaliza, Rini Hakimi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal Usaha Ladu AraiPpinang ongga (2) Merumusakan strategi pemasaran yang bisa diterapkan pada Usaha Ladu ongga. Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Ladu Arai Pinang Ongga yang beralamat di Kompleks Cacat Veteran No. 10 Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode analasis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian ini diperoleh nilai IFE sebesar 2,716 artinya usaha Ladu arai Pinang Ongga memiliki posisi internal yang kuat dan untuk nilai EFE diperoleh nilai sebesar 2,737 artinya usaha Ladu Arai Pinang Ongga merespon dengan kuat terhadap peluang dan ancaman yang muncul. Alternatif strategi pemasaran yang diperoleh, yaitu (1) Memperluas pasar produk dan meningkatkan jumlah pedagang pengecer dengan mengoptimalkan kualitas produk yang dimiliki (2) Memakai sistem pembayaran digital pada usaha dan tanggal kadaluwarsa pada kemasan produk usaha (3) Memvariasikan ukuran kemasan produk dengan harga lebih terjangkau agar dapat bersaing dengan pesaing sejenis (4) Mengaktifkan kembali media sosial dan mengoptimalkan promosi offline dan online. Sedangkan untuk matriks QSPM diperoleh nilai yang paling tinggi pada strategi 1 dengan nilai TAS sebesar 6,515 artinya strategi 1 merupakan strategi prioritas utama yang dapat diimplemntasikan pada usaha Ladu Arai Pinang Ongga.

Keywords


Internal; eksternal; ladu aria pinang; usaha; strategi pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. 2022. Berita Resmi Sumatera Barat.

David, F. R. 2016. Manajemen Strategi (Konsep). Jakarta (ID): Edisi Ke-limabelas Salemba Empat.

Effendi, S. dan Santoso, T. (2014). Analisis Strategi Pemasaran Mie Kering Pada PT. Panca Wijaya Sentosa. Agora, Vol.2, No.1. Kartajaya, H. (2007). Memenangkan Persaingan dengan Segitiga Positioning, Diferensiasi dan Brand. Bandung: Mizan Pustaka.

Soekartawi. 2003. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 219 Hal.

Soekartawi. 2005. AgroUsaha Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jakarta: PT Raja Graf indo Persada. 140 hal.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Arifin, Bustanul. 2001. Spektrum Kebijakan Pertanian Indonesia, Telaahan, Struktur, Kasus dan Alternatif Strategi. Jakarta : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36355/bsl.v4i1.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Baselang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Baselang : Jurnal Ilmu Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Lingkungan online ISSN 2798-2114 is published by Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo