Manfaat Dana Desa (DD) Terhadap Pengembangan Sektor Pertanian Di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

Edi Firnando, Delsi Afrini

Abstract


Penelitian ini berjudul “Manfaat Dana Desa Terhadap Pengembangan Sektor Pertanian di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok”, bertujuan mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa serta pemanfaatannya untuk pengembangan pertanian di Nagari Saok Laweh. Metode yang digunakan studi kasus dengan pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling, dimana diambil sampel dari petani sebanyak 62 orang dari 1.235 orang petani. Untuk mengetahui pengelolaan dana desa di lokasi penelitian ditetapkan key informan dari Walinagari, Perangkat Nagari, BPN, dan Tokoh Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana desa di Nagari Saok Laweh terus meningkat jumlahnya yang penggunaannya diprioritaskan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, termasuk juga untuk pengembangan sektor pertanian. Pengelolaan dana desa di Saok Laweh sudah sesuai dengan regulasi atau peraturan yang ada, dimana mulai dari tahapan perencanaan, penyusunan dokumen perencanaan seperti RPJM, RKP, dan APB Nagari, dan sampai kepada tahapan pelaksanaan sudah berpedoman kepada ketentuan dan telah melibatkan peran serta masyarakat. Penggunaan dana desa di Koto Laweh untuk sector pertanian juga sudah cukup besar, yaitu sebesar 32,70 persen, dana ini telah dialokasikan untuk insfrastruktur pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani, untuk kegiatan penguatan kelompok tani dan peningkatan ekonomi masyarakat tani.

Keywords


Pengelolaan Dana Desa, Sektor Pertanian

Full Text:

PDF

References


Ardianto Endri. 2018. Analisis Pengelolaan Dana Desa Kampung Ono Harjo Dan Kampung Nambah Dadi Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. FISIP. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Arif Sofianto. 2017. Konstribusi Dana Desa Terhadap Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kebumen dan Pekalongan. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappepda) Provinsi Jawa Tengah Jl. Pemuda No. 127-133. Semarang.

Badan Pusat Statistika Kabupaten Solok.2019. Kabupaten Solok Dalam Angka. Kabupaten Solok.

B.H Lubis. 2016. Tinjauan Kesiapan Pemerintah Desa Dalam Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Dana Desa (studi Kasus Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Ogan Hilir. Jurnal Manajemen. Vol 4 No.3

Masihad Abu. 2017. Analisis Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Marga Ayu Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Skripsi

Pemerintah Desa Dalam Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Pemerintahan Desa di Kabupaten Ogan Hilir). Jurnal manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 4 No. 3.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa;

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa;

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 17 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Putri Melati. 2018. Efektifitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Nagari Kuncir Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Skripsi. Faperta UMMY.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. R&B Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2015. Metoda Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung. Alfabeta

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa




DOI: https://doi.org/10.36355/bsl.v4i1.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Baselang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Baselang : Jurnal Ilmu Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Lingkungan online ISSN 2798-2114 is published by Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo