Kontribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Pengolah Gula Merah Tebu Di Desa Sungai Asam Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci

Wawan Sumarno, Herda Gusvita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi masing-masing sumber pendapatan petani pengolahan gula merah tebu. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui metoda survey di Desa Sungai Asam. Sampel merupakan bagian dari populasi. Sampel diambil dengan menggunakan metode judgement sampling yaitu teknik penarian sampel yang dilakukan berdasarkan karakteristik yang ditetapkan terhadap elemen populasi target yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Data primer dan data sekunder yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan dua cara yaitu secara kuantiatif dan kualitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan metode tabulasi yang diolah dengan menggunakan program excel. Analisis tabulasi bertujuan untuk menyederhanakan data agar mudah untuk dibaca dan dipahami.

Hasil penelitian kontribusi pendapatan non gula merah tebu terhadap total pendapatan rumah tangga petani pengolah gula merah tebu lebih besar dari pada pendapatan gula merah tebu itu sendiri. Diperoleh kontribusi pendapatan non gula merah sebesar 43.44%, sedangkan pendapatan gula merah tebu hanya 56.56%. Temuan ini logis, karena pendapatan non gula merah tebu berasal dari berbagai sumber yakni: pedangang, tukang dan petani komoditi hortikultura.

Keywords


Gula Merah, Tebu, Pendapatan Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Alim Barli. 2009. Analisa Perbandingan Pendapatan Pengolahan Gula Merah Dengan Menggunkan Kilang Mekanis Dan Kilang Tradisional Di Lawing Kab. Agam [skripsi]. Unand. 2009.

Ayesha, Ivonne. 2014. Ekonomi Rumah Tangga Petani Padi Penyewa: Suatu Pendekatan System Dynamics. Disertasi Pascasarjana Universitas Padjdjaran. Unpad, Bandung.

BPS, 2023. Dinas Perkebunan Dan Kehutanan Kab. Kerinci.

Bryanti, W.K. 1990. The Economic Organization of the Household. Cambridge University Press, Cambride

Direktorat Jenderal IKAH. 2004. Agroindustri Rumah Tangga. Direktorat Jenderal Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan (IKAH) 2000-2004. Jakarta

Moch. Nazir. 2003. Metode Penelitian, Selembah Empat. Jakarta, 63.

Nasir, Zahri, I., Mulyana, A., Yunita. 2015. Analisis Struktur Dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Di Lahan Rawa Lebak. 2AGRISEP Vol. 14. No. 1 Maret 2015. Hal: 97-107.

Soekarto. 2010. Konsumsi Gula Merah. Solo.

Tim Penulis PS. 1994. Pembudidayaan Tebu Di Lahan Sawah dan Tegalan. PT Penebar Swadaya. Jakarta.

Utami, Widya, Cristina. 2008. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Moderen). Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.36355/bsl.v4i1.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Baselang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Baselang : Jurnal Ilmu Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Lingkungan online ISSN 2798-2114 is published by Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo